Breaking News

Saturday 30 April 2016

Inilah Bahaya Buka Situs Dewasa Di Ponsel Android, Terjangkit Ransomware Berbahaya

Mengapa situs dewasa diblokir pemerintah Indonesia? Selain mengandung konten dewasa yang tidak boleh diakses anak di bawah umur, ternyata situs dewasa juga sebagai tempat bersemayam malware berbahaya. Jika Anda memiliki kebiasaan mengkases situs dewasa melalui ponsel, maka sebaiknya harus lebih berhati-hati sekarang. Menurut laporan terbaru menyebut sebuah ransomware mengintai pengguna Android yang biasa mengakses situs dewasa.

Ilustrasi (Kredit: Androidcentral)
Ilustrasi (Kredit: Androidcentral)

Resiko yang ditimbulkan pun tak main-main, bila terinfeksi ransomware bernama ‘Cyber.Police’, maka nantinya di layar ponsel akan muncul sebuah pop-up yang akan melakukan sabotase atas seluruh fungsi perangkat. Jika sudah begitu, tak ada yang bisa dilakukan selain factory reset melalui recovery. Karena meski di restart, maka yang akan muncul tetap pop-up tadi.
“Ransomware tersebut akan mematikan semua aplikasi. Mencegah aplikasi lain beroperasi seperti antivirus untuk menghentikan ransomware tersebut. Melakukan pengesetan untuk menjadi yang pertama aktif ketika boot, dan juga melakukan komunikasi ke server command-and-control,” kata Blue Coat, orang yang merilis laporan tersebut.
Jika Anda tidak ingin semua data hilang, maka ada satu cara untuk menghilangkan pop-up tersebut, yakni dengan membayar tebusan kepada penebar ancaman itu. Namun ada yang unik, mereka meminta tebusan tersebut berupa kode gift iTunes. Jika Anda tidak membayar tebusan, maka ransomware tersebut akan melakukan factory reset, baik perangkat maupun micro SD.
Satu hal yang menjadikan malware ‘Cyber.Police’ ini mengerikan adalah, ia tidak membutuhkan instalasi APK untuk menyerang satau menginfeksi ponsel. Entah bagaimana malware tersebut bisa menyerang sebuah ponsel Android, belum diketahui hingga saat ini.
Namun kode berbahya tersebut sejauh ini diketahui masih memanfaatkan celah keamanan pada sistem operasi Android 4.0 ICS dan Android 4.3 Jelly Bean. Sementara pengguna Android 4.4 KitKat hanya ditemukan beberapa ancaman yang sifatnya masih mendekati, namun belum dapat dipastikan apakah akibat yang ditimbulkan akan sama atau tidak.

Post a Comment